Announcement:

This is a Testing Annocement. I don't have Much to Say. This is a Place for a Short Product Annocement

Senin, 08 Oktober 2012

Mengatasi Kesemutan

Cara Mengatasi Kesemutan. Sebagaimana telah diketahui bersama bahawa kesemutan atau dalam bahasa jawa, gringgingen, merupakan suatu keadaan dimana darah tidak berjalan dengan baik sehingga menghambat peredaran darah di daerah tersebut. kesemutan bisa terjadi di beberapa bagian tubuh kita, diantaranya tangan kesemutan, kaki kesemutan, kepala kesemutan atau jari tangan kesemutan.



kesemutan sering terjadi sehari-hari dan kurang mendapatkan perhatian serius padahal kesemutan bisa merupakan indikasi bahwa kita sedang mengalami penyakit tertentu seperti neuropaty atau lemah syaraf. sudah waktu nya untuk lebih berhati-hati terhadap segala kemungkinan yang ada.

sebelum dibahas bagaimana cara mengatasi kesemutan atau mengobati kesemutan perlu kiranya kita tahu terlebih dahulu apa saja hal-hal yang menjadi sebab kesemutan.

penyebab kesemutan ada beberapa hal diantaranya :

1.  duduk dalam waktu lama. tidak hanya duduk, berdiri juga bisa menjadikan kesemutan jika terjadi dalam waktu lama. duduk dalam waktu lama menyebabkan adanya sirkulasi peredaran darah yang terganggu sehingga menyebabkan kesemutan.

2. kekurangan vitamin B-12.

3. Tekanan pada saraf tulang belakang.

4. Kondisi medis tertentu, termasuk diabetes, tiroid kurang aktif, multiple sclerosis, kejang, migrain atau sakit kepala biasa.

5. Tingkat abnormal kalsium, kalium, atau natrium dalam tubuh.


Cara Mengatasi Kesemutan yaitu :
memperbaiki aliran darah di bagian tubuh yang kesemutan. Caranya, secara perlahan digerak-gerakkan saja bagian yang kesemutan tadi hingga hilang. Bisa juga dengan memijat atau melepaskan bendungan yang jadi penghambat aliran darah.


Tips Menghindari Kesemutan disarikan dari Islamic center ponorogo.
Ada beberapa kiat yang bisa kita praktekkan untuk menghindari kesemutan, antara lain :

1. Jika sedang duduk bersila, sesekali ubahlah posisi, jika awalnya kaki kanan diatas kaki kiri, maka lakukan sebaliknya. Selain itu, hindari duduk di kursi dengan menyilangkan kaki terlalu lama.

2. Bagi yang bekerja dengan menggunakan komputer, sebaiknya membiasakan mengetik dengan pergelangan tangan tidak menyentuh meja. Untuk itu, hendaknya mengetik dengan posisi duduk di kursi yang tingginya proporsional dengan meja dan keyboard (papan ketik).

3. Hindari kebiasaan bertopang dagu dan berdiri disamping meja sambil menopang badan dengan sebelah tangan.

4. Jika anda termasuk orang yang banyak melakukan gerakan-gerakan ketika sedang tertidur, sebaiknya pilih alas tidur yang tidak keras. Supaya tidak terjadi benturan yang bisa menyebabkan gangguan saraf.

5. Hindari posisi tidur dengan meletakkan tangan di belakang kepala atau tertidur sambil duduk dengan posisi ketiak di sandaran kursi/sofa.

6. Jangan menulis dengan posisi tengkurap, tapi duduklah di kursi dengan pantat merapat ke belakang dan punggung lurus menempel pada sandaran.

7. Sebagai umat Muslim, maka hendaklah kita menjauhi minuman keras. Allah subhânahu wa ta’âla dan Rasul-Nya telah melarang meminum khamr/minuman keras karena dapat menimbulkan kemadharatan (bahaya). Di antaranya, para penggemar minuman keras lebih mudah mengalami kesemutan, bila takaran alkohol yang merasuki tubuhnya terlalu banyak. Hal ini akibat alcohol merusak metabolisme vitamin B. Pada saat yang bersangkutan kekurangan vitamin B1, timbullah gangguan pada saraf. Tentu saja, karena vitamin ini salah satu unsur yang diperlukan untuk penghantaran rangsang listrik pada saraf.

8. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B untuk menjaga kesehatan saraf.
Share it Please

Isno Sap

Tim

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright @ 2013 Obat Alami. Designed by Templateism | Love for The Globe Press